Sunday, June 21, 2015

kumpulan kisah ABK kapal asing

entah kenapa ada saja orang yang ketika tidak berpuasa lebih baik ketimbang saat berpuasa. disaat hari biasa alias tdk puasa sikapnya sangat ramah dan suka bercanda, tapi saat awal bulan puasa ini dia semakin terlihat pemarah dan pendiam. dia adalah orang indonesia keturunan bugis, mempunyai jabatan cukup baik di kapal ini yaitu sebagi boatswain, yang memiliki 3 orang anggota. saat ini ada 3 orang yang menjalankan puasa di kapal ini, JM boatswain, DM welder, dan NO steward. memang lama puasa disini, di KLAIPEDA - LITHUANIA,  Sebuah negara eropa di bagian utara yang bebatsan dengan Russia dan polandia, lebih lama puasanya ketimbang di indonesia atau daerah tropis, 18 jam lebih bbrp menit. jadi karena waktu berbuka dan sahur cuma 6 jam dan karena persiapan sahur dan setelah berbuka masing- masing 1 jam maka kemungkinan tidur lelap cuma 4 jam maka mereka memutuskan untuk berbuka dan sahur hanya dalam satu waktu, yaitu saat berbuka itulah. jadi puasa mereka lebih mendekati 24 jam. wow... hari pertama ketiganya bisa full puasanya, namun hari kedua si NO steward menyerah karena merasa nyeri perut. lalu solusi setelah 3 hari mereka memutuskan untuk mengikuti jadwal turki, jadi selisih berbuka dan sahurnya lebih lama, 9 jam. hmm, apakah itu bisa diterima??? mari kita tanya Mr. Google. :-)

kemudian ada perselisihan antara sang bos dengan AB nya, dimulai dari masalah titipan barang berupa koper dan masalah sepatu di ruang ganti, dan masalah penggunaan komputer yang menyulut ucapan yang kurang mengenakkan. salah satunya ucapan yang menyesalkan bekerjasama dgn sesama bangsa sendiri dan niat mencelakakan. tapi itu cuma  sekelumit emosi yang mngkin tak lama, semoga. lalu ada lagi kisah tentang tidak berimbangnya hari sabtu dan minggu yang waktu krjanya lebih cepat off 3 jam pada sift siang sementara sift malam tdk ada pemberitahuan itu  lalu muncul beberapa keputusan2 sepihak dr Nikolai orang kroasia atasan saya selaku 1st eng, untuk off lebih cepat juga 3 jam. lumayan, dan yg mnggembirakan sang AB juga dia suruh untuk stop pada jam 5 atau 1 jam lebih awal.
ada kisah kisah seputar orang baru di kamar mesin yang berasal dari kroasia, mereka selalu memulai dr posisi 2nd eng, beda dengan belanda atau belgia, dimana mereka bisa langsung jd 1st eng walau sertify nya sama2 lengkap. biasanya orang kroasia baru yg saya temui dsini selalu merasa kapal kami ini lebih buruk dr kapal dia diperusahaan sebelumnya. seperti Tonci yang selalu mengeluhkan kerjaaan memeriksa beberapa mesin secara rutin adalah pekerjaan omong kosong karen masih bagus, lalu dia selalu bilang bgtu juga saat melakukan cek cek mingguan seperti sounding empty tank atau test alarm.
lalu yang satunya bernama aku lupa soalnya setelah seminggu kerja bareng baru tau tadi, itupun setelah dia menyuruh ambil marker dr lockernya dengan nama bla bla bla.. besok aku update lah namanya.
orangnya selalu mengeluh soal jam kerja yang terlalu panjang. juga soal sift malam, apalagi mengenai pekerjaan yang agak sulit sedikit sementara di kapal perusahaan dia sebelumnya sedikit lebih mudah dia sdh membanding2kan dan kata2 fac*king sh*t sdh pasti sering keluar. maklum di kapal tempat dia bekerja sebelumnya jam kerjanya 8 pagi dan off 5 sore lalu kamar mesin di gembok alias tak ada sift malam.
terkadang aku ingin berkata saat2 mereka mengeluh bahwa apakah mereka tidak baca perjanjian kontrak sebelum tandatangan sebelumnya?? orang2 seperti itu terbukti saat bekerja tidak proporsional dan saya melihat sering salah.. yah.. begitulah  nasib pelaut bro..

No comments:

Post a Comment